Perlukah guru tahu dan memahami internet?

Ini sebuah pertanyaan yang boleh dibilang “telmi”, kenapa? Karena pada saat pertanyaan ini diajukan  dan harus dijawab oleh seorang guru, siswa-siswanya sudah pada terlibat langsung dengan internet. Tapi pertanyaan ini masih layak diajukan, mengingat ada juga guru yang tidak menyikapi dengan baik perkembangan teknologi informasi yang saat ini terus melaju pesat dengan berbagai inovasi baru. Dan Konsekwensinya… Mereka yang tidak bijak mengikuti perkembangan ini maka akan ketinggalan jauh dalam pengembangan pembelajaran. Sedemikian itukah?


Sebenarnya tidak ada larangan bagi seorang guru untuk bisa memahami  internet atau tidak. Masalahnya saat ini setiap orang akan terseret dengan perkembangan teknologi satu ini , baik disadari ataupun tidak. Kalau tidak dengan kesadran penuh melihat sisi manfaat internet bagi pengembangan profesi guru dan inovasi pembelajaran maka ia akan terbawa arus dengan trend social media Facebook dan sebagainya yang hanya mengalihkan aktifitas ngerumpi menjadi trend cuap-cuap  online (CCO).

Jadi, perlukah guru tahu dan memahami internet? Kalau boleh saya jawab, maka jawabannya adalah “perlu”. Mengapa? Karena guru akan dituntut untut lebih tahu selangkah dari murid-muridnya dan bisa memanfaatkan internet  untuk peningkatan dan pengembangan profesinya. Karena anak-anak murid mereka juga telah terlebih dulu memanfaatkan internet untuk kesenangan mereka sendiri tanpa sepengetahuan guru bahkan orangtuanya.  Kalau anak-anak aja untuk kesenangannya bias terlibat diinternet kenapa guru yang punya peran membimbing, mengarahkan dan mendidik serta membutuhkan banyak informasi tidak bias terlibat dengan internet secara produktif

Nah! Bila jawabannya seperti itu, maka untuk bias memahami internet dan semua yang terkait dengan cara pemanfaatannya adalah dengan cara terlibat langsung dalam aktifitas online. Banyak isu negative tentang dampak negative dari internet, dan memang bukan hanya sebatas isu, banyak prilaku negative anak-anak yang diakibatkan dari pengaruh internet(?). Bila kita tidak diarahkan untuk banyak mencari manfaatnya  maka akan dengan mudah nyasar di belantara dunia maya. Dan kalau kebingungungan didunia maya maka setiap gerakan mouse adalah ancaman bahaya yang akan menjerumuskan ke jurang kehancuran dan kesia-siaaan. Semakin banyak aktifitas online yang positif maka akan semakin banyaki manfaat yang didapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar